Jumat, 05 September 2008

Indikator Dalam Mengukur Kinerja Pembangunan Daerah

Berkenaan dengan berbagai upaya peningkatan pembangunan daerah, pada prinsipnya ada 7 (tujuh) hal pokok yang perlu menjadi perhatian untuk dapat mengukur kemajuan pembangunan Kabupaten/Kota. Yang pertama, sejauh mana kemiskinan terus berkurang. Yang kedua, sejauh mana pengangguran terus berkurang. Yang ketiga, sejauh mana pendidikan terus meningkat. Yang keempat, sejauh mana kesehatan terus meningkat. Yang kelima, sejauh mana infrastruktur dasar, basic infrastructure di daerah Saudara terus meningkat. Yang keenam, sejauh mana good governance dan langkah-langkah efisiensi dan termasuk pencegahan korupsi terus bertambah baik. Dan yang terakhir, pelayanan publik itu sendiri.

Kemudian jika Pemerintah Kabupaten/kota ingin memberikan laporan tentang perkembangan ekonomi, ada 4 (empat) indikator saja yang menjadi pokok perhatian Saya yang meliputi, pertama, pertumbuhan, growth berapa. Yang kedua, inflasi. Meskipun growth-nya tinggi kalau inflasinya terlalu tinggi, tentunya ada yang salah dalam perkembangan ekonomi suatu daerah. Yang ketiga, ukurannya adalah lapangan kerja, atau pengangguran berkurang. Dan yang keempat, adalah masalah kemiskinan. Jadi secara umum ada 7 (tujuh) plus 4 (empat) hal yang perlu menjadi perhatian bagi Pemerintah Kabupaten/kota dalam upaya untuk terus meningkatkan pelayanan publik.

Ada komentar?silahkan sampaikan...........

Tidak ada komentar:

Total Tayangan Laman

YouTube

Loading...

ARTI SAKATIK

SELAMAT DATANG DI BLOG SAKATIK.COM
KATA SAKATIK DIAMBIL DARI BAHASA DAYAK NGAJU YANG MEMILIKI ARTI "SEBAGAI PEMBIMBING" ATAU BISA DIKATAKAN SEBAGAI "MENTOR/GEMBALA" BAGI SEMUA ORANG.
MELALUI BLOG INI SEMOGA DAPAT MENJADI SEBUAH SUMBER KEBAIKAN BAGI SEMUA ORANG.